1. rajin mencari informasi mengenai beasiswa

Jangan menunggu, tapi cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang beasiswa. Apalagi, kalau kamu mencari beasiswa kuliah luar negeri. Beasiswa untuk kuliah di dalam negeri sekalipun ada banyak pilihan, jadi kita masih harus memilah-milah

2. Diskusikan dengan Guru atau staff TU

Diskusikan ketentuan dan syarat mendapatkan beasiswa kuliah dengan guru favoritmu di sekolah – atau guru BP/ BK. Bila perlu, tanyakan informasi tentang cara dapat beasiswa kepada staf Tata Usaha (TU) sekolah. Rest assured, informasi beasiswa yang tiba di sekolah pastinya lebih aman dan terpercaya.

3. Pahami jenis beasiswa yang diincar

Beasiswa itu ada banyak macamnya! Ada beasiswa pemerintah seperti Bidikmisi atau KIP-Kuliah, ada pula private scholarshipseperti beasiswa Sampoerna. Kampus swasta pun biasanya selalu menawarkan beasiswa bagi mahasiswa baru.

4. Hubungi penyelenggara beasiswa

Selain memperoleh informasi yang lebih terpercaya, ada keuntungan lain lagi yang dapat diperoleh dengan menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung. Pertama, itu menunjukkan bahwa kita punya minat serius pada beasiswa tersebut. Kedua, tindakan itu juga menunjukkan bahwa kita berani berinisiatif.

5. Perbaiki keterampilan menulis dan berbicara (public speaking)

Selain memperbaiki gaya menulis, kita juga perlu memperbaiki gaya bicara. Seleksi beasiswa biasanya berujung pada wawancara

 

/lr

/na