Latihan Pertolongna Pertama

Latihan ini dimaksud menumbuhkan jiwa relawan dan peduli kepada sesama. Mengaplikasikan ilmu pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan terutama pada kecelakaan dan bencana alam.
Diantara manfaat dari mengikuti kegiatan PMR adalah :

1. Melatih Sikap Empati
Tidak bisa di pungkiri jika seiring berjalannya waktu banyak remaja yang mulai kehilangan rasa empati terhadap orang lain. Kondisi ini mengakibatkan mereka tidak lagi peka dengan lingkungan sekitarnya. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengikuti ekstrakurikuler PMR. Mengikuti ekstrakurikuler ini akan membuat kamu menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar sehingga tanpa disadari akan melatih sikap empati.

2. Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab
Apapun kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti pasti akan memiliki banyak agenda kegiatan, tanpa terkecuali untuk PMR. Memutuskan untuk mengikuti ekstrakurikuler PMR akan secara tidak langsung akan melatih kemandirian dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Setiap kamu terlibat dalam agenda kegiatan yang diadakan maka kamu memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik mungkin.

3. Menambah Banyak Teman Baru
Manfaat ekstrakurikuler PMR selanjutnya yaitu kamu akan mendapatkan banyak teman baru. Ini dikarenakan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini sangat banyak dan berasal dari berbagai tingkatan kelas. Mendapatkan teman baru dengan hobi serta minat yang sama tentu sangat menyenangkan. Mendapatkan banyak teman baru juga akan membuat kamu belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.

4. Belajar Kerja Sama
Mengikuti ekstrakurikuler dengan jumlah anggota yang banyak tidak akan membuat kamu menjadi orang yang individualis sehingga mau tidak mau harus berinteraksi dengan anggota lainnya. Terlebih saat ekstrakurikuler PMR memiliki agenda kegiatan yang pelaksanaannya membutuhkan kerja sama yang baik antar anggotanya. Maka dari itu, mengikuti ekskul PMR berarti kamu akan belajar kerja sama dengan anggota lainnya. Tanpa kerja sama yang terjalin dengan baik antar anggota, agenda kegiatan tidak akan berjalan dengan sukses dan lancar.

5. Belajar Manajemen Waktu
Meskipun kegiatan ekstrakurikuler diadakan diluar jam sekolah tetapi akan menyita waktumu. Waktu yang biasanya digunakan untuk istirahat berubah menjadi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR. Meski kegiatan ekstrakurikuler PMR cukup padat, kamu harus bisa memanajemen waktu yang dimiliki dengan baik. Jika kamu pintar memanajemen waktu dengan baik maka tidak akan ada kegiatan yang dikorbankan. kamu tetap bisa sekolah, istirahat, dan mengikuti ekstrakurikuler.

6. Bisa Belajar tentang Gaya Hidup Sehat
Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR akan memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang didapatkan yaitu bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang gaya atau model hidup sehat. Ilmu dan pengetahuan tentang hal ini bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang ilmu kesehatan dasar. Salah satu contoh ilmu kesehatan dasar yang dipelajari yaitu tentang pertolongan pertama saat ada teman atau orang lain yang membutuhkan pertolongan kesehatan dengan segera.