Pasus

Latihan baris berbaris dimaksudkan untuk memperbaiki dan mempertegas kemampuan PBB anggota passus serta dapat meningkatkan kemahiran dalam pengibaran bendera. Serta membentuk jiwa kepemimpinan melalui latihan rutin, pelatihan khusus, dan kegiatan evaluasi.

Diantara manfaat dari Pasus adalah :
1.Melatih kedisiplinan. Yap, peserta didikharus berlatih tepat waktu, mengikuti gerakan dengan benar dan kompak, mengikuti instruksi dan banyak lagi. Setiap kesalahan ada konsekuensinya, dan ketidakdisiplinan akan sangat berpengaruh pada keberhasilan tugas mereka.

2. Menguatkan fisik. Berlatih baris-berbaris di lapangan terbuka secara rutin tentu akan menguatkan anggota Passus Belum lagi latihan olahraganya. Anggota passus tentunya perlu mendukung dengan asupan nutrisi yang baik dan mengingatkan anggota passus untuk cukup beristirahat.

3. Memiliki rasa cinta tanah air. Anggota Paskibra tidak hanya harus bisa berbaris dan mengibarkan bendera. Ia juga akan dibekali wawasan tentang negara dan tanah airnya, membuat anggota passus semakin mengenal dan mencintai Indonesia.

4. Bersosialisasi. Dalam ekskul passus atau Paskibra. Peserta didik tidak hanya bisa memiliki banyak teman, tetapi juga belajar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Bayangkan apa jadinya bila pasukan pengibar bendera tidak kompak. Anggota passus juga berkesempatan bertemu dengan teman-teman dari kota atau provinsi lain bila ia mengikuti kegiatan dalam skala besar.

5. Memupuk jiwa kepemimpinan. Anggota passus tak hanya berlatih mengikuti instruksi, ia juga bisa berperan sebagai pemimpin yang memberi aba-aba buat kelompoknya. Saat menjadi senior, ia dituntut untuk membimbing juniornya.

6. Membanggakan Moms & Dads. Pasti bangga melihat anak kita yang disiplin, kuat, tangkas, cerdas dan mandiri. Moms & Dads juga mungkin terharu melihatnya saat bertugas di lapangan upacara. Makin bangga lagi bila ia tumbuh dan terpilih sebagai Paskibraka di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, ataupun Nasional.