Diskusi Online Peran Institusi Pendidikan Serta Langkah Strategis Pemprov Riau Dalam Menaggulangi COVID-19

Alumni SMKF Ikasari Pekanbaru M. Nurfadly dan rekan menaja kegiatan diskusi online tetang peran institusi pendidikan serta langkah strategi pemprov riau dalam menanggulagi COVID-19.

Diskusi Online Ikasari
16 Ramadhan 1441 H / 09 Mei 2020

SMKF Ikasari, Univ.Abdurab, Dinkes Prov.Riau, Pimpinan Komisatiat IMM Buya Hamka РFasilkom Umri(Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), AMKR (Aliansi Mahasiswa Kesehatan Riau), Selaku Moderator M. Nur Fadli Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Buya Hamka  (Fasilkom РUmri) dalam kegiatan ini,

NARASUMBER :
1. Endria Erman S.Si
(Kepala Sekolah SMKF Ikasari Pekanbaru)
” Dampak Covid-19 terhadap pembelajaran peserta didik dan sekolah ”

Kita harus dapat mengambil dari sisi positifnya dan dari sisi positif kita dapat menjaga pola hidup sehat dan bersih dan mengikuti aturan yang telah di buat dan di tetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya wabah corona ini, menjadikan guru dan peserta didik lebih kreatif dalam menjalankan proses kegiatan pembelajaran dengan mengunakan fasilitas media daring yang tersedia.

2. Prof. Susi Endriani S.Si., M.Sc., Ph.D
(Rektor Universitas Abdurab / Alumni SAA)
” Pandangan akademisi menyikapi problematika covid-19 ”

Virus / Wabah saat ini merupakan salah satu cobaan
Cara pandang masyarakat yang kurang tempat :
1. Tidak boleh berkumpul-kumpul bareng walaupun budaya masyarakat indonesia dikenal dengan budaya GOTONG ROYONG

2. Pemahaman Agama
Terkait peraturan pemerintah yang telah di kaji mendalam oleh berbagai pihak agar dapat di ikuti dan di patuhi masyarakat

3. Sandika Syahputra
(Presma BEM Stifar riau 2018 – 2019, Kordinator Pusat AMKR )
” Peran Mahasiswa Menghadapi Covid 19 ”

Diperlukannya keaktifan dan kepedulian mahasiswa terhadap covid-19 dalam upaya membantu pemerintah memutus rantai penyebaran dengan Berinovasi :
1. Pembuatan Desinfektan
2. Pembuatan Masker
3. Sosialisasi kepada masyarakat
4. Pengunpulan donasi
5. Gotong Royong dalam memutus rantai penyebaran Covid-19

4. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
Yang berhalangan hadir dikarenakan ada panggilan mendadak oleh Gubernur Riau – Diwakili H. Muhammad Ridwan S.K.M., M.KES ( Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Riau )

Masyarakat harus mamatuhi anjurab pemerintah, terkait PSBB dan Dinas Kesehatan telah mengikuti protokol-protokol pencegahan yang baik sesuai (peraturan yang berlaku) APD dan perlengkapan lain seperti sarana laboratorium terus ditingkatkan oleh dinkes prov.riau Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Harus di isolasi dirumah sakit agar tidak menularkan corona virus gingga di nyatakan sehat.

Insya Allah prediksi dari riau menurut para peneliti dari Universitas Indonesia Untuk wilayah riau Kurva tertinggi ada di tanggal 12 Juni sekitar 2600 an (positif) dan dicanangkan Corona akan berakhir pada bulan Agustus 2020 (jika maskarakat mengikuti anjuran dan protokol kesehatan yang sudah di buat oleh pemerintah